Selasa, 05 Agustus 2014

Attention Please!


Pertama-tama, gue mau berterima kasih buat para pembaca yang sudah mau membaca cerita gue. Terima kasih sudah mau baca meski ga ada yang komen tapi gue tau kalian baca cerita gue.

Kedua, gue post ini karena gue pengen kasih tau suatu hal. Ini sudah sering terjadi dan gue kurang suka.

Lets cut to the chase, all right guys?
Begini loh, gue kan sudah membuat kira-kira 15 cerita di blog ini. Gue buat semua cerita dari otak gue sendiri. Inspirasi gue itu rata-rata dari E.L James, Meg Cabot, Raditya Dika, dan Law and Order. Sesekali dari pembaca atau sahabat gue. Khusus yang Rolling the Camera, gue harap kalian ngerti jalan ceritanya seperti apa. Buat yang bilang gue copast dari E.L James, gue cuma bilang, Tuhan itu ada kok.

Dari ke-15 cerita itu, gue yakin sekali, ada beberapa dari kalian yang sudah men-copy cerita gue dan dire-post kembali di akun situs lain. Sudah sering gue dapat orang-orang yang men-copy cerita gue dan mengganti judulnya, nama pemeran utamanya, atau mengikuti alur ceritanya. Gue di sini bukan mau bilang kalau cerita gue itu bagus sekali. Gue juga masih belajar. Gue punya cita-cita menjadi penulis dan otomatis gue masih terus menggenjot diri untuk terus belajar-belajar-belajar menjadi penulis yang bisa menghasilkan karya yang layak dibaca.

Gue udah tulis di About untuk tidak men-copy, menyalin, atau mengikuti alur cerita gue. Tapi kayaknya kurang gitu ya? Baru-baru ini gue baru dapet orang yang men-copy cerita gue. Titik, koma, tanda tanya, spasi, semuanya sama. Hanya nama pemerannya saja yang diganti. Dan yang paling membuat gue sakit hati sekali adalah ia mengakui kalau cerita itu adalah miliknya dan ia yang mengetik cerita itu. Bagaimana gue tidak sakit hati? Gue yang sudah mengetik cerita-cerita ini terkadang mengetiknya malam-malam atau jika ada waktu luang, gue pasti ngetik cerita. Gue itu masih pelajar tapi rata-rata pelajaran sekolah gue ga suka-_- makanya gue sering nulis.

Cari inspirasinya pun susah. Seperti Epilog untuk Pure Love. Sampai sekarang gue belum dapat melanjutkan cerita itu dikarenakan gue sudah tidak tahu lagi harus dilanjutkan seperti apa. Epilog Perfect Time, gue juga belum lanjut kan? Iya, susah cari inspirasi.

Tapi mohon kerja sama para pembaca yang ingin men-copy cerita gue. Setidaknya meminta izin dulu pada gue. Gue tau gue bukan penulis novel yang sudah punya buku. Gue tau gue belum punya editor. Setidaknya, hak cipta cerita-cerita di blog ini adalah milik gue. Yang dimana kalau para pen-copy cerita gue itu men-copy cerita gue, maka itu akan disebut pencuri. Gue tau cerita itu akan hilang suatu saat. Tapi alangkah baiknya jika kita itu saling menghargai. Betul tidak?

Gue itu sederhana seperti Eminem: Gue ga peduli lo ras dari mana, gendut, kurus, hitam, putih, lesbian, gay, tapi kalau lo baik sama gue, maka gue bakal baik sama lo. Sama halnya, lo menghargai gue maka gue menghargai lo.

Jadi, dimohon sekali lagi untuk meminta izin terlebih dahulu jika ingin me-repost cerita gue. Karena gue serius, ga suka dengan orang-orang yang selalu mengklaim kalau cerita gue adalah cerita mereka. Lebih baik kalau lo mau repost cerita gue, lo tulis dah tuh nama gue: Herren Jerk. Atau penulis: Herren Jerk. Gue bakal lebih menghargai itu dibanding direpost tapi ga ada sumbernya dari mana.


Oke, terima kasih. :)

3 komentar:

  1. author salam kenal ,aku suka sama karya2 author tp maaf aku gak bisa kmen di setiap babnya soalnya susah aku bca dari hp maaf ya, tp aku mau ijin blh gak mau copy karya author yang Lust of Love tp maaf aku ganti sama pemerannya nama korea, tp cukup smpk bab 10 aja aku gak bkal pelagiatkok cuma niatku ceritanya aku post diblog aku tp ttp cerita itu atas nama kamu blh gak kalau gak blh ya gpp maaf sekali lg aku setiap bca gak ningalin komen tp cerita yang kamu buat sumpah keren abis gak ada tandingannya aku juga suka sama karakter justin di semua karya kmu tp yanp paling aku suka karakter justin di pure love.

    maaf banyak omong tetap semangat buat karyanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oks, gapapa copy aja, asal udah cantumin nama penanya aja :) makasih.

      Hapus
  2. Hallo kk , salam kenal ..
    Saya penggemar berat ff kk , crta'a bagus2 dan gk buat bosan mala buat org penasaran pengen baca trus crta'a ..

    Kapan ne kk dilanjut2 lg crta2'a udah lama bgt kk off dr blog ini :'(

    BalasHapus